Rabu, 06 Juni 2012

Menguak Rahasia Calon Sumber Energi Masa Depan (Hidrogen) (Episode 2)

Setelah sebelumnya membahas tentang sifat dan keutamaan hidrogen sebagai bahan bakar maka tulisan berikut ini adalah tentang membahas bagaimana cara memproduksi hidrogen yang digunakan di dalam dunia industri. Steam reforming adalah metode yang umum digunakan saat ini untuk memproduksi hidrogen dalam jumlah yang cukup besar. Metode ini pertama kali dikembangkan oleh Franz Fischer dan Hans Tropsch yang mengubah molekul karbon dan hidrogen menjadi hidrokarbon atau sebaliknya. Metode steam reforming ini menggunakan methana dan steam untuk menghasilkan gas hidrogen dan karbon monoksida.... lainnya »

Lulusan luar negeri vs Lulusan dalam negeri

Sekolah di luar negeri memang menjadi impian bagi setiap pelajar dan mahasiswa Indonesia karena kesannya yang ''wah'' dan prestisius. Di dunia sendiri saat ini ada beberapa universitas yang menjadi memiliki peringkat terbaik menurut majalah Times. Dalam sumbernya di http://www.topuniversities.com/university-rankings/asian-university-rankings/overallbeberapa universitas yang masuk ke dalam 20 besar antara lain adalah 1. Harvard University [Cambridge, MA, USA] 2. University of Cambridge [Cambridge, England, UK] 3. Yale University [New Haven, CT, USA] 4. UCL (University College of London)... lainnya »

Menguak Rahasia Calon Sumber Energi Masa Depan (Hidrogen) Eps. 1

Bumi makin panas dan cuaca makin tak menentu…. Itulah kalimat yang sering digunakan untuk menggambarkan kondisi lingkungan saat ini. Penyebabnya bisa bermacam-macam sebab namun yang sering diklaim sebagai penyebab utama adalah pemanasan global (global warming) akibat penggunaan sumber energi yang menghasilkan gas karbon dioksida (green house effect). Namun sesungguhnya jika dilihat dari proses alamiah gas karbon dioksida sendiri bukanlah penyebab utama perubahan lingkungan, dalam perputaran gas sendiri di bumi terdapat dua jagoan gas yang menguasai hidup manusia Nitrogen dan Oksig... lainnya »

yang bergelar tapi belum tentu berilmu

Berawal dari berita tentang naiknya peringkat salah satu Universitas di Indonesia yang menjadi ikon pendidikan tinggi Indonesia di dunia yaitu Universitas Indonesia menjadi universitas peringkat 50 se-Asia diikuti oleh Universitas Gadjah Mada (peringkat 85) dan Universitas Airlangga (peringkat 109). Namun kenaikan peringkat tersebut tidak diikuti oleh salah satu institusi teknik terbaik di Indonesia, ITB yang turun dari peringkat 80 ke peringkat 113 tahun ini. Namun berita tersebut juga diiringi salah satu hal yang memalukan di dunia pendidikan di Indonesia yaitu kasus plagiat dan r... lainnya »

A brief study of energy policies in Indonesia: Oil and Gas Sector

One of unpopular policy that raises public resentments is about energy prices in Indonesia. In 2008 when oil price increased government of Indonesia announced the increase of gasoline and diesel’s price also. Besides that government tried to substitute kerosene application in daily needs with gas (LPG) which is said to be more effective cost and safely. Moreover basic prices of electricity in Indonesia become so uncompetitive while the problem of electricity seems to be endless. Some part of Indonesia especially outside of Java island are living through what is called crisis of e... lainnya »

What is the future energy in gas application?

Nowadays as decreasing of oil and gas sedimentation in the earth people is looking for the source of newest energy. Beside of green house effect as application of fossil fuel the renewable energy that clean to environment need to be found. Some researchers have been developing another source of energy based on gas application. While sun and wind energy has been involved too but gas always becomes the most favorite one because of easy to produce and high energy value. Gas is also easy to transfer and most of them gas is cheaper than other renewable energy resources. Today people use... lainnya »

Missing link dunia pendidikan dan industri

Beberapa waktu belakangan ini muncul istilah ‘’educated unemployment’’ atau biasa disebut dengan pengangguran terdidik. Di Indonesia jumlahnya juga cukup besar hingga mencapai 8 juta orang lulusan berbagai perguruan tinggi dengan berbagai macam profesi atau program studi. Kenyataan di lapangan memang sering memmbuktikan bahwa seorang sarjana lulusan perguruan tinggi sering tidak mampu beradaptasi dengan cepat dalam dunia usaha atau industri. Jangankan untuk membuka usaha sendiri (wirausaha) untuk menghadapi masalah di dalam pekerjaan di dalam industri/perusahaan juga terkadang me... lainnya »

Ilmu Geometri ala DPR Indonesia

Artikel berikut saya dapatkan dari salah satu penulis di harian Kompas (saudara Marufin Sudibyo, Kompas 6 Mei 2010) ulasannya cukup menarik dan bermanfaat, selamat membaca. Jika sebuah urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancurannya. Penggalan kata-kata mutiara yang terpatri indah dalam salah satu sabda Rasulullah SAW ini, meski terkesan “sepele” namun telah banyak menemui realitasnya dalam kehidupan. Termasuk di era kontemporer ini dan bahkan dalam hal yang paling teknis sekalipun. Pernah dengar kisah The Gimli Glider? Ini julukan dari pesawat jet Boeing 737-2... lainnya »

Tembakau sebagai bahan bakar, mungkinkah?

Di saat masyarakat ramai membahas pengurangan dampak rokok yang merugikan kesehatan maka seringkali muncul pertanyaan jika pabrik rokok ditutup maka akan menimbulkan dampak ekonomi yang cukup besar yaitu pengangguran besar dari buruh-buruh pabrik rokok dan petani tembakau yang akan kehilangan sumber pendapatan. Hal ini sering menjadi dilema tersendiri dari berbagai pihak di sisi lain masyarakat menginginkan pengurangan kuantitas dan kualitas rokok yang beredar di masyarakat untuk menuju kehidupan yang lebih sehat namun di sisi lain perekonomian dan lapangan kerja tidak boleh menjadi... lainnya »

Rahasia di balik baterai Lithium-ion di handphone dan laptop anda

Seringkali jika kita membeli telepon genggam (hand phone) atau laptop/notebook salah satu faktor yang diperhatikan adalah jangka waktu atau daya tahan baterai dari peralatan tersebut. Cukup banyak saran dan nasihat yang diberikan kepada pengguna hand phone dan laptop guna mencapai penggunaan baterai secara optimal. Namun banyak yang belum mengetahui apa dan mengapa lithium banyak dipakai sebagai baterai? Lalu bagaimana cara kerjanya? Tulisan singkat ini berusaha memberikan informasi bagaimana baterai lithium yang sering kita gunakan bekerja. Lithium banyak digunakan dalam aplikasi... lainnya »

Revolusi Industri yang berujung Krisis Ekonomi

yan's Site - 1 menit yang lalu
Tulisan berikut sebenarnya merupakan sebuah tulisan balasan dari seorang kolumnis di Market Oracle, Andrew G Marshall. Dia menulis bagaimana masyarakat negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Perancis mengalami krisis ekonomi yang terjadi saat ini karena masyarakatnya bertindak boros dan terlalu mengandalkan kartu kredit sehingga hutang mereka bertumpuk. Semuanya berawal pada revolusi industri di Inggris pada abad 18 yang memunculkan kemajuan di bidang industri dan teknologi. Revolusi industri awalnya berjalan lancar sesuai dengan tujuannya yaitu menumbuhkan in... lainnya »

Musim Semi... Musim Bunga Tulip (Catatan perjalanan di Istanbul part II)

Musim semi di Istanbul adalah musim bunga tulip... Bunga tulip bermekaran hampir di seluruh taman kota bahkan pinggir jalan sekalipun... Selamat menikmati pemandangan tulip

Inilah cara kerja baterai masa depan

Di masa yang akan datang baterai tampaknya tidak akan lagi menggunakan metode konvensional seperti saat ini yaitu mengandalkan media padat atau cair sebagai sumber elektrolit melainkan gas atau campuran gas-cair sebagai sumber tenaga. Sumber yang bisa digunakan antara lain gas hidrogen, metanol(spiritus), dan dimethyl ether (pelarut atau gas pendorong pada parfum). Cara kerjanya sebenarnya tidak berbeda dengan baterai konvensional saat ini hanya media serta bahannya saja yang berbeda. Hidrogen secara langsung digunakan sebagai bahan sumber elektrolit karena murah dan memiliki efis... lainnya »

Mitos yang salah tentang baterai

Seringkali di dalam kehidupan kita menemukan sebuah informasi yang salah terutama dalam kehidupan kita sehari-hari. Kali ini adalah tentang penggunaan baterai sebagai sumber daya pada radio transistor, MP3, senter, dan lain-lain. Sebagian orang beranggapan bila baterai sudah habis dayanya maka jika dipanaskan di bawah terik matahari maka baterai bisa digunakan kembali walau untuk jangka waktu yang cukup pendek. Informasi ini entah siapa yang pertama kali menyebarkan namun banyak sekali diikuti oleh masyarakat kita. Padahal sejatinya walau dipanaskan dibawah terik matahari sampai ber... lainnya »

Suka Duka Belajar di Luar negeri (lebay ala mahasiswa)

*Andy Tirta (Korea Selatan)* : yang di Korea enak2 kok, hidup senang, sabtu minggu libur, pulang jam 5 sore, masuk jam 10 siang, Prof nya baik2, kerjaannya gak pernah over load, gak pernah begadang malam2, gak pernah tidur di lab, kerjaannya juga santai gak pernah buru2, gak dipaksa2 bikin paper/jurnal internasional, dll.... (itu yang di atas, asumsi banyak orang di luar sana), hahaha *Busron Sadikun (Moscow, Rusia)* : pertama dateng.. indomi... nasi.. indomi.. nasi.. indomi.. nasi.. seminggu kemudian akhirnya nemu makanan baru, namanya ROLLTON.. cuma.. yah.. gtu.. golongan mi inst... lainnya »

Briket Kotoran Sapi.... Double M, Mudah dan Murah

Membuat briket dari kotoran sapi ternyata mudah dan tentu saja murah. Ketika ramai penggunaan biogas dari kotoran sapi maka tersembul permasalahan tentang sulitnya pembuatan biogas dari kotoran sapi yaitu membutuhkan lahan dan pemeliharaan rutin supaya tidak terjadi kebocoran pada penggunaannya. Namun ada alternatif lain untuk memanfaatkan kotoran sapi sebagai bahan bakar pengganti minyak dan gas yang harganya cukup mahal saat ini yaitu menjadikannya sebagai briket. Briket dikenal luas sebagai bahan bakar padat yang dulunya terbuat dari batu bara tetapi saat ini kotoran sapi juga ... lainnya »

Kereta Hidrogen versus Kereta Listrik

Tahun 2010 lalu sempat muncul kabar akan dibangunnya kereta dengan menggunakan sistem bahan bakar hidrogen atau listrik dari sinar matahari. Kereta yang akan dibangun ini melayani trayek Jakarta-Cikampek-Bandung untuk menggantikan kereta konvensional yang ada saat ini. Berikut saya lampirkan tulisan dari seorang rekan pemerhati masalah energi yang saat ini bermukim di Jerman tentang kereta masa depan. 1. Prinsip Dasar Hydrogen Super Highway Ada lima pilar utama yang dijadikan argumen dalam konsep transportasi yang sangat futuristik ini: a. Konstruksi Rel Baja Konstruksi Super High... lainnya »

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir... Siapa yang setuju? Yang tak setuju?

Obrolan singkat sore bersama seorang rekan tentang energi menggelitik saya untuk bertanya kepada rekan saya yang kebetulan adalah seorang insinyur nuklir. Pertanyaan saya amankah energi nuklir? Dan spontan dia menjawab menurut kamu apa itu energi nuklir? Sebuah pertanyaan balik yang cukup jitu karena bayangan orang jika ditanya tentang energi nuklir maka akan terlintas bom atom atau tragedi memilukan di Chernobyl, Uni Soviet dulu tentang kebocoran salah satu reaktor nuklir yang menelan jutaan korban jiwa dan dampak radiasi selama puluhan tahun. Krisis energi di Indonesia yang ber... lainnya » 
 
  http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=8004612249601059314#overview

  _Hardi Hapryansyah future technology education_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar